jasa tukang bangunan banjarbaru Wa/whatsapp 0813 9443 2377

tukang bangunan 4

jasa spesialis tukang bangunan banjarbaru Wa/whatsapp : 0822 1431 0670 (ibu riska) / WA 0813 9443 2377 kami lah ahli nya

 

Tukang Bangunan

Jasa pemborong atau familiar disebut sebagai tukang bangunan adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin memperbaiki atau merenovasi rumah. Mulai dari hal yang simpel seperti memperbaiki genteng bocor, memperbaiki plafon, hingga merenovasi sebagian ruangan rumah seperti dapur, kamar mandi, atau kamar tidur dapat Anda percayakan pada jasa tukang bangunan.

Banyak orang yang memilih jasa tukang bangunan dengan sistem borongan karena biaya yang dikeluarkan tidak semahal membuat rumah dengan jasa bangun rumah berbentuk perusahaan kontraktor. Jasa tukang bangunan juga lebih sering dipekerjakan untuk renovasi atau perbaikan kecil.

Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Tukang Bangunan

Kepala tukang bangunan, seringkali disebut sebagai mandor, adalah kepala dari tim pelaksana proyek rumah Anda. Pada proyek yang kecil dan tidak membutuhkan banyak tenaga kerja, keberadaan kepala tukang bangunan atau mandor tidak diperlukan. Akan lebih baik bila tukang menerima arahan langsung dari klien. Tetapi, pada proyek yang cukup besar, keberadaan mandor sangatlah penting.

1. Menerjemahkan keinginan dan rancangan gambar klien untuk dieksekusi dalam pengerjaan proyek rumah.

2. Melakukan peninjauan lokasi, memperkirakan volum pekerjaan, kebutuhan tenaga kerja, dan alat pembangunan serta menghitung harga borongan kerja.

3. Mendiskusikan kebutuhan alat dan bahan bangunan kepada klien.

4. Membuat rencana dan jadwal atau timeline kerja serta mengatur pembagian tugas tukang atau pekerja.

5. Melakukan pengawasan para tukang bangunan dalam melakukan pekerjaan dan mengukur hasil kerja tiap termin.

6. Melaporkan pengembangan proyek secara berkala (harian, mingguan, dan bulanan) kepada klien dan/atau tim pengawas. Hal-hal yang wajib dilaporkan adalah pelaksanaan pekerjaan, perkembangan proyek yang telah tercapai, jumlah tenaga kerja, dan faktor-faktor lain seperti cuaca atau masalah tak terduga lainnya.

7. Bertanggung jawab atas pengeluaran harian, seperti uang makan tukang, dan membayar upah pekerja atau tukang bangunan secara berkala.

Memilih Jasa Tukang Bangunan Lewat Ahli nya

Memilih jasa tukang bangunan yang cocok dengan Anda bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya kecekatan dan pekerjaan yang rapi, semua orang pasti mengharapkan jasa tukang bangunan yang jujur dalam bekerja. Tidak jarang kita temui tukang bangunan yang serampangan dan sering bermalas-malasan. Pasti Anda tidak ingin mempekerjakan jasa yang salah. Oleh karena itu, Sejasa.com hadir mempermudah Anda untuk mendapatkan jasa tukang bangunan yang paling tepat untuk proyek rumah Anda. Kami juga memberikan konsultasi gratis untuk proyek rumah Anda, khususnya proyek berskala besar. Sebelum itu, berikut hal yang perlu dilakukan sebelum memilih jasa tukang bangunan!

1. Dapatkan Beberapa Rekomendasi

Lewat  Anda akan menemukan rekomendasi penyedia jasa tukang bangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan lokasi Anda. Selain sudah terverifikasi sistem kami, tukang bangunan yang direkomendasikan akan memberikan penawaran harga sehingga Anda dapat membandingkan harga dan juga kualitas kerja beberapa tukang bangunan tersebut. Anda juga dapat mengirimkan pesan dan berdiskusi dengan penyedia jasa. Pembayaran lewat fitur SejasaPay juga dapat membuat transaksi Anda dengan penyedia jasa menjadi lebih aman.

2. Lihat Pekerjaan Sebelumnya

Lihatlah portfolio hasil kerja sebelumnya dari jasa tukang bangunan yang direkomendasikan Sejasa.com. Cek kelengkapan profil bisnis tukang bangunan termasuk review dari customer sebelumnya. Jangan lupa tanyakan bila mereka pernah mengerjakan proyek yang mirip dengan proyek Anda. Dengan menelusuri profil mereka dengan cermat, maka Anda mengurangi resiko mempekerjakan tukang bangunan yang akan mengecewakan Anda.

3. Diskusikan Proyek Anda

Ketika Anda sudah memilih jasa tukang bangunan yang terbaik untuk rumah Anda, Anda perlu mendiskusikan proyek Anda jauh lebih rinci dengan tukang bangunan atau kepala tukang bangunan (mandor). Komunikasikan sejelas mungkin sehingga mandor dapat menerjemahkan proyek menjadi hasil yang memuaskan. Buatlah juga kontrak kerja atau perjanjian yang membahas lingkup pekerjaan, jangka waktu pekerjaan, timeline, harga jasa pertukangan dan biaya lainnya, metode pembayaran, konsekuensi, serta hak dan kewajiban dari kontraktor dan klien.

 

Salah satu yang harus dilakukan dalam tahap perencanaan renovasi rumah adalah membuat mood board untuk menentukan gambaran secara garis besar seperti apa desain rumah yang kamu inginkan. Tapi kamu pasti suka bingung nih karena terlalu banyak ide-ide menarik yang kamu temukan di internet seperti di Instagram, pinterest, atau situs-situs inspiratif lainnya.

Supaya tidak terlalu bingung lagi, ada beberapa dos and don’ts yang kamu harus perhatikan dalam membuat mood board.

Dos:

  1. Menentukan satu saja gaya desain rumah yang kita inginkan dan selalu berpegang teguh dengan gaya yang sudah ditentukan sejak awal sampai tahap akhir renovasi.
  2. Menentukan material lantai, dinding dan plafon terlebih dahulu. Pilih warna yang senada di tiap elemen tersebut.
  3. Menentukan 2 sampai 3 warna saja yang ingin diimplementasikan pada setiap ruangan,
  4. Menentukan 1 saja warna atau jenis pada masing-masing material yang diinginkan. Misalnya: memakai kayu jati dengan finishing natural untuk furniture dan jangan dicampur dengan jenis kayu lainnya, menggunakan warna beige & putih gading saja untuk warna dinding di ruang keluarga & ruang makan karena berhubungan.
  5. tentukan deadline dalam membuat moodboard agar tidak terlalu banyak referensi.

Don’ts:

  1. Menggunakan 2 atau lebih gaya desain dalam satu rumah. Kalaupun ingin menggabungkan dua gaya, jangan mengambil gaya yang terlalu bertolak belakang. Misalnya klasik digabung dengan industrial.
  2. Memakai terlalu banyak warna dan jenis material dalam satu rumah, terutama di area-area yang berhubungan satu sama lain.
  3. Terlalu banyak mendengarkan pendapat orang lain.
  4. Melewati batas deadline untuk membuat moodboard.

 

Kesimpulannya, bila kamu ingin memiliki rumah yang nyaman dan tidak out-of-date dalam jangka waktu yang panjang, jangan berlebihan! Jangan berlebihan dalam pemilihan warna, gaya desain, dan elemen lainnya. Selamat mencoba!

Kemarin-kemarin kita sudah membahas mengenai denah, mood board, dan budgeting. Tahapan selanjutnya dalam proses perencanaan adalah menentukan konsep dan gaya desain bangunan maupun interior yang akan kamu gunakan dalam merenovasi rumah kamu. Belakangan ini, gaya desain yang populer dan sering kita temui di beberapa rumah dan tempat umum lainnya antara lain adalah gaya desain modern dan industrial. Sebelum kamu yakini mana yang cocok dengan selera kamu, kita bahas dulu karakteristik dan perbedaan masing-masing gaya desain tersebut.

 

 

Modern

Industrial

 

  • Memiliki ciri bentuk-bentuk simpel, seperti kubus, persegi panjang, dan balok.
  • Menggunakan material kaca, besi atau baja, beton dan semen.
  • Finishing materialnya clean dan matte, berkesan halus dan bersih.
  • Menggunakan warna-warna natural dan terang seperti putih, abu-abu muda, beige, dan hitam sebagai aksen pada frame jendela.
  • Tidak lagi ada ornament-ornamen tradisional dan klasik. Lebih terlihat bersih dari ornament-ornamen tambahan yang tidak diperlukan karena desain modern lebih mementingkan fungsi.
  • Lebih banyak menggunakan pencahayaan alami dengan bukaan-bukaan yang besar menggunakan kaca bening.
  • Bentuk furniture lebih simpel dan menggunakan warna kayu dan kain yang natural dan terang,
  • Memiliki ciri bentuk dan suasana yang mengadaptasi gaya desain pabrik-pabrik besar.
  • Menggunakan material baja atau besi, batu bata, beton dan semen.
  • Finishing materialnya lebih kasar atau tidak di-finish sama sekali, seperti bata ekspos dan semen ekspos.
  • Menggunakan warna-warna yang gelap seperti abu-abu muda, hitam, dan warna kayu yang sangat gelap.
  • Terdapat ornamen-ornamen yang menyerupai pabrik, seperti pipa-pipa yang diekspos pada dinding dan lampu, plafon yang dibiarkan terbuka sehingga terlihat instalasi yang ada, dan furniture dengan gaya industrial lainnya.
  • Terdapat jendela-jendela yang sangat besar dengan frame-frame baja atau besi berwarna hitam menyerupai jendela pabrik.
  • Furniture berwarna gelap, banyak menggunakan bahan kulit natural, besi berwarna hitam dan kayu berwarna gelap.

 

Nah, sekarang kamu sudah tau kan perbedaannya? Jadi, jangan ragu-ragu lagi dalam menentukan gaya desain yang kamu inginkan. Yang paling penting, pilihlah gaya desain yang sesuai dengan kepribadian kamu dan keluarga, tapi juga tidak terkesan kuno dan ketinggalan zaman. Jangan asal mengikuti tren agar terlihat menarik saja.

 

tukang bangunan 14tukang bangunan 13tukang bangunan 12tukang bangunan 11tukang bangunan 10tukang bangunan 9tukang bangunan 8tukang bangunan 7tukang bangunan 6tukang bangunan 5tukang bangunan 4tukang bangunan 3tukang bangunan 2tukang bangunan 1

 

 

FacebookTwitterGoogle+Share